Jurnal Guru Dikmen & Diksus
Vol. 2 No. 1 (2019): Januari-Juni 2019

PENERAPAN TEKNIK L-BATO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OPINI PADA SISWA KELAS XII SMA

Handayani, Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang Teknik L-Bato sebagai salah satu teknik pembelajaran menulis teks opini, mendeskripsikan penerapan Teknik L-Bato dalam pembelajaran menulis teks opini, dan mengetahui efektifitas Teknik L-Bato untuk penerampilan menulis teks opini. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design (Single Group Design), yakni menggunakan satu kelompok saja. Pada kelompok tersebut dilakukan pretes kemudian diberi perlakuan. Setelah itu barulah kelompok tersebut dilakukan postes. Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas XII SMA. Pengambilan data berlangsung dari bulan Januari sampai dengan Maret 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik L-Bato terbukti efektif untuk menerampilkan peserta didik dalam menulis teks opini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jgdd

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Dikmen dan Diksus merupakan wahana saling bertukar pandangan dan pengalaman bagi guru dan pemerhati pendidikan untuk meningkatkan mutu guru dan mutu pendidikan pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus. Tema-tema pengembangan pendidikan yang dapat diterbitkan diantaranya ...