Semangat terhadap kegiatan pembelajaran matematika materi Barisan dan Deret oleh sebagian besar siswa dirasakan masih rendah. Sebagian siswa lebih tertarik bermain dengan handphone dari pada bertukar pikiran dengan teman sebangkunya. Sehingga membuat nilai Ulangan Harian materi Barisan dan Deret rendah dan hasilnya tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan. Berkenaan dengan masalah tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas melalui Pola Permainan Bilangan Bunga Segilima. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan semangat dan keaktifan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus dan di dalam siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan kelas, observasi dan refleksi. Hasil penelitian awal menunjukan bahwa nilai Ulangan Harian untuk materi Barisan Deret Bilangan masih rendah dan belum mencapai ketuntasan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil tindakan kedua siklus 1 didapatkan peningkatan kerjasama siswa dalam keterampilan/kemaampuan bermain siswa sebesar 51,4% untuk aspek kerjasama sebesar 46,2%. Sehingga dikategorikan cukup untuk aspek kerja siswa dan kategori baik untuk keterampilan/kemampuan bermain siswa. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan untuk menumbuhkan semangat belajar matematika mengalami kenaikan pada Ulangan Harian.
Copyrights © 2019