Jurnal Media Infotama
Vol 14 No 1 (2018)

Perbandingan Hasil Pengelompokan menggunakan Analisis Cluster Berhirarki, K-Means Cluster, dan Cluster Ensemble (Studi Kasus Data Indikator Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil)

Cici Suhaeni (Unknown)
Anang Kurnia (Unknown)
Ristiyanti Ristiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2018

Abstract

Pengelompokan merupakan kegiatan di bidang riset yang banyak digunakan hingga saat ini. Terlebih di era big data seperti sekarang. Banyak metode yang berkembang untuk keperluan tersebut. Penelitian ini membandingkan hasil pengelompokan menggunakan metode cluster hierarki, k-means cluster, dan cluster ensemble pada pengelompokan provinsi di Indonesia berdasarkan indikator pelayanan kesehatan ibu hamil. Hasil analisis menunjukkan bahwa cluster ensemble merupakan metode yang paling tepat dalam mengelompokkan provinsi-provinsi tersebut. Cluster yang dihasilkan adalah 3 (tiga) cluster. Kata Kunci: analisis cluster, cluster ensemble, cluster hierarki, k-means cluster.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Media Infotama Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu memiliki ISSN: 1858-2680 dan e-ISSN : 2723-4673 merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan ilmu yang berhubungan dengan komputer. Adapun topik artikel meliputi : Sistem ...