jurnal ilmiah hospitality
Vol 9 No 1: Juni 2020

DIGITAL TOURISM: STRATEGI MENARIK WISATAWAN MILENIAL KE NTB

Ni Putu Ari Aryawati (Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)



Article Info

Publish Date
27 May 2020

Abstract

Pariwisata sampai saat ini masih masuk ke dalam lima sektor prioritas pembangunan Indonesia tahun 2018. Saat ini Era dunia telah berubah, perusahaan Digital merajai ekonomi dunia dengan konsep sharing economy-nya. Pariwisata Indonesia juga harus beradaptasi dan bertransformasi dengan era baru tersebut, maka lahirlah program kebijakan Digital Tourism. Banyaknya pengguna internet saat ini yang difasilitasi oleh Smartphone, melahirkan sebuah Generasi Milenial. Pasca bencana gempa bumi yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Barat bulan Juli – Agustus 2018, menyebabkan kondisi pariwisata menjadi memprihatinkan. Selain menggunakan promosi secara konvensional, dilakukan pemanfaatan teknologi melalui video streaming dan sosial media serta melibatkan figur terkenal untuk mempromosikan Lombok dan mensosialisasikan bahwa Lombok sudah aman untuk dikunjungi. Wisatawan milenial lebih suka mencari pengalaman baru, unik, otentik dan personal. Mereka sangat percaya pada ulasan-ulasan wisata terutama pada media sosial. Generasi milenial adalah konsumen wisata yang sangat potensial. Usaha pariwisata/destinasi zaman now harus mengedepankan prinsip digital friendly, yaitu harus dapat memfasilitasi pengunjungnya dalam melakukan look, book, buy dan act dengan media digital.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIH

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Jurnal Ilmiah Hospitality dikelola oleh Pusat kajian Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram (STP Mataram) Nama terbitan : Jurnal Ilmiah Hospitality Sinopsis : Jurnal Ilmiah Hospitality, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Umum yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan. Mulai Open Jurnal ...