Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.014680 Buntu Pane Kisaran pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 50 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPS sebanyak 25 siswa pada kelas IVA dan sebanyak 25 siswa pada kelas IV B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan angket gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan teknik kunjungan lapangan lebih tinggi dibadingkan dengan teknik penyajian kasus (Fhitung = 19,86 > Ftabel = 4,05), (2) Hasil belajar IPS Siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori (Fhitung = 8,65 > Ftabel = 4,05). (3) Terdapat interaksi teknik pembelajaran dan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa auditori (Fhitung = 6,52 > Ftabel = 4,05). Data ini menunjukkan, teknik pembelajaran dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa.
Copyrights © 2020