Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 3 No 1 (2018): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Model Kegiatan Dakwah di Instansi TNI AU

Nurhamidah Garini Putri (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Ahmad Agus Sulthonie (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Dindin Solahudin (Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui model kegiatan dakwah dengan ragam kegiatan khithobah di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya melalui proses, bentuk dan faktor pendukung yang bisa dijadikan contoh oleh instansi lain di Indonesia, khususnya instansi TNI AU. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk memaparkan dan menceritakan fakta-fakta yang terjadi pada kegiatan khithobah di Lanud Wiriadinata melalui tahap observasi dan wawancara. Hasil penelitian proses kegiatan khithobah di Lanud Wiriadinata dilakukan secara bertahap yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Bentuk dakwah yang digunakan dalam kegiatan tersebut dengan cara pembinaan yang disampaikan melalui Tabligh Khithobah. Dan yang menjadi faktor pendukung kegiatan tersebut secara internal dari Personel Lanud Wiriadinata dan secara eksternal dari lingkungan sekitar. The purpose of this paper is to know the model of dakwah activities with various khithobah activity in Lanud Wiriadinata Tasikmalaya through the process, shape and supporting factors that can be used as examples by other agencies in Indonesia, especially for TNI AU. This research conducted using descriptive qualitative approach method. This method is used to explain and tell facts about the facts that occurred in the activity of khithobah in Lanud Wiriadinata through the observation and interview stages. The research’s result of khithobah activity process in Lanud Wiriadinata is done gradually, that is: planning, organizing, implementing and evaluating. The form of dakwah used in the activity by means of coaching through Tabligh Khithobah. And the supporting factors in this activity internally are the personnel of Lanud Wiriadinata and externally is the surrounding environment.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tabligh

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus and Scope Tabligh Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam publishes original researches in multi concepts theories, perspectives, paradigms, and methodologies on Islamic communication studies. Specific topics of interest include Public speaking, writing and journalism, Mass media, Social media, ...