Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
Vol 1 No 2 (2019): Jurnal BELAINDIKA

Pendekatan Lingkungan Sekitar Sebagai Basis Pembelajaran Untuk Mengembangkan Sikap dan Nilai Dalam Pembelajaran IPS

Adela, Dhea (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research Class Room) yang berlangsung dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, analisis, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes evaluasi dan lembar observasi dengan mengambil sampel peserta didik Kelas IV SDN Karang Bahagia 03 Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan pendekatan lingkungan sekitar pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Setempat yang dilakukan di kelas IV SDN Karang Bahagia 03 Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2014/2015 dapat mengembangkan sikap serta nilai dan aktivitas secara optimal. Penerapan pendekatan lingkungan sekitar dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna karena peserta didik melihat serta mengamati secara langsung apa yang ada di lingkungan sekitar, baik itu lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Hal ini dapat dikatakan berdasar pada perolehan nilai setiap siklus yang mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklusI diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 53,47%, siklus II sebesar 77,82%, dan siklus III sebesar 88,82%. Sedang kan pada aspek pengembangan sikap dan nilai siswa dari hasil perolehan nilai prasiklus diperoleh rata-rata (kurang), siklus I sebesar 55,95 (cukup), siklus II sebesar 67,43 (cukup), dan siklus III sebesar 76,78 (baik). Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan dunia pendidikan terutama dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

belaindika

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the ...