Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 49, No 1 (2016): April, 2016

ANALISIS KESENJANGAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SD NO. 4 BANYUASRI

Antara, I Wayan Adi (Unknown)
Renda, Ndara Tanggu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis kesenjangan rencana pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 yang dibuat oleh  guru  SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013; (2) untuk menganalisis kesenjangan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013  yang dilakukan oleh guru SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) studi dokumentasi, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data yang sudah terkumpul diolah dengan menggunakan statistik non parametrik dengan uji bertanda wilcoxon, kemudian dilanjutkan dengan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh guru kelas di SD No. 4 Banyuasri. Objek penelitian ini adalah RPP dan pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013 yang disusun dan dilaksanakan oleh guru berdasarkan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) besarnya kesenjangan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 yang dibuat oleh  guru  SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014 adalah sebesar 15% dan tergolong kategori sangat kecil (SK), (2) besarnya  kesenjangan pelaksanaan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru SD No. 4 Banyuasri Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan Permendikbud  Nomor 103 Tahun 2014 adalah sebesar 25,21% dan tergolong kategori kecil (K).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...