Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang afeksi, yakni: (1) penerimaan, (2) partisipasi, (3) sikap, (4) pengintegrasian diri, dan (5) tingkat toleransi para guru SMA dan SMP Negeri di kabupaten Buleleng tentang pembelajaran yang berorientasi pada local indigenous.Penelitian ini dirancang dalam desain penelitian deskriptif - kualitatif untuk memper-oleh gambaran tentang afeksi guru. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMA dan SMP Negeri di kabupaten Buleleng. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan wawancara, yang selan-jutnya diolah secara deskriptif-ekplanatif-interpretatif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa, para guru SMA dan SMP Negeri di kabupaten Buleleng memiliki afeksi (penerimaan, partisipasi, sikap, pengintegrasian diri, dan tingkat toleransi) yang baik tentang pembelajaran yang berorien-tasi pada local indigenous.Kata kunci: survei, afeksi, local indigenous
Copyrights © 2009