Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012

Komunikasi dalam Penyelesaian Konflik di Sekolah Dasar

., Isparwoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peran komunikasi dalam penyelesaian konflik di SD yang memiliki latar belakang yang berbeda penyelenggaraannya di Kabupaten Banyuwangi, yaitu SDN 4 Penganjuran, SDK Santa Maria dan SDU Habibulloh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus, informan ditetapkan secara purposif dengan terlebih dulu menentukan informan kunci, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Data yang terkumpul tersebut diorganisir, ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dapat menyelesaikan konflik di Sekolah Dasar, yaitu melalui: (1) proses komunikasi yang berlangsung secara efektif, santun dan menarik,(2) iklim komunikasi yang berlangsung secara kondusif, dan (3) langkah-langkah penyelesaian konflik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penyelesaian konflik yang efektif.. Kata-kata Kunci: komunikasi, penyelesaian konflik, sekolah dasar

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...