Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 1 (2013): April, 2013

Kesulitan yang Ditemui Pendidik dalam Pembelajaran Musik melalui Kegiatan Menyanyi

Yeni, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan-kesulitanyang ditemui pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran musik melalui kegiatan menyanyi dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut di TK Dharma wanita UNP kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis mengikuti metode yang dikembangkan oleh Milesdan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 kesulitan yangditemui dalam pembelajaran musik, yaitu: (1) minimnya perbendaharaanlagu pendidik; (2) kesulitan membuat anak fokus dan tertarik terhadapkegiatan menyanyi; (3) masih ditemukan pendidik dengan kemampuan musikal yang tidak memadai untuk mengajarkan musik; dan (4) pendidik kesulitan mengatur peserta didik. Upaya yang dilakukan meliputi: (1) rekrutmen pendidik khusus musik; (2) mengalokasikan waktu khusus untuk pembelajaran musik; (3) latihan merasakan elemen dasar musik; dan (4) usulan penambahan pendidik. Kata-kata Kunci: pembelajaran usia dini, pembelajaran musik, menyanyi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...