Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 47, No 1 (2014): April, 2014

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Penguasaan Konsep Kimia dan Sikap Ilmiah Siswa

Antara, I Pande Putu Alit Antara (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep ki-mia dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembela-jaran konvensional, baik secara bersama-sama maupun secara terpisah. Jenis penelitian yang dilaku-kan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group. Populasi penelitian adalah siswa di tiga kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarangkan yang berjumlah 96 orang. Sampel penelitian diambil dari 2 kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pene-litian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah secara bersama-sama antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif jigsaw dan konvensional, (2) secara terpisah, ada perbedaan pemahaman konsep kimia ataupun sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional. Siswa yang mengikuti pem-belajaran kooperatif jigsaw memiliki pemahaman konsep kimia dan sikap ilmiah yang lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata-kata Kunci: kooperatif tipe jigsaw, penguasaan konsep kimia, sikap ilmiah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...