Jurnal Manajemen Update
Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen

Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Word Of Mouth Konsumen Pada Jasa Transportasi Perum Damri Rute Pontianak-Kuching

B11107007, Melanius Neko (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui experiential marketing yang dirasakan dan perilaku word of mouth konsumen, serta untuk mengetahui pengaruh experiential markting terhadap word of mouth konsumen pada jasa transportasi Perum Damri rute Pontianak-Kuching . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang Perum Damri rute Pontianak-Kuching. Banyaknya sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 100 sampel dari penumpang Perum Damri rute Pontianak-Kuching. Penelitian ini menggunaakan metode deskriptif serta menggunakan program SPSS 16.0 dalam pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedasitas, regresi linier berganda, serta pengujian secara simultan dan persial dalam menentukan hasil penelitian.Variabel feel (X2) dan think (X3) memiliki signifikansi sebesar 0,302 dan 0,760 dimana nilai signifikansi ini lebih besar dari nilai kritis 0,05 yang berarti variabel feel (X2) dan think (X3) memiliki ppengaruh ang tidak signifikan terhadap word of mouth (Y). Variabel sense (X1) dan act (X4) merupakan variabel yang paling dominan memiliki pengaruh yang sangat signifikan secara parsial terhadap word of mouth (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,003, dan 0,021 dimana nilai signifikansi ini jauh lebih rendah dari nilai kritis 0,05. Hal ini berarti secara parsial variabel sense (X1) dan act (X4) sangat berpengaruh baik secara positif maupun signifikan terhadap word of mouth (Y) pada jasa transportasi Perum Damri rute Pontianak-Kuching. Kata kunci: sense, feel, think, act dan word of mouth.

Copyrights © 2014