Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 6 (2014): Juni 2014

PENGARUH STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMK PONTIANAK

Sari, Novia (Unknown)
Rosyid, Rum (Unknown)
Syahrudin, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2014

Abstract

Abstract: This study aimed to examine the influence of socio-economic status of the interests of continuing education to college students of class XII SMK 3 pontianak accounting method used is descriptive quantitative method to study the form of association studies. A population of 147 students and a sample of 60 students menunujukkan The results bahawa family socioeconomic status has an influence on interest in continuing education to college students of class XII SMK Accounting 3 pontianak formulation indicated with Y = 0.4295 +0.450 X. Berdsarkan results of calculations using SPSS, t count of 2,708. while the t table with 60 respondents so that the degrees of freedom df = 60-2-1 = 57, then t table is 2.0025. of these results, compared with the t t table. Generated that t> t table (2,708> 2.0025) then Ho is rejected and Ha accepted. Coefficient of determination in this study demonstrate the effect of X on Y contribution of 11.2%. Keywords: family socioeconomic status, Interests continuing education, college. Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII akuntansi SMKN 3 pontianak Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian studi hubungan. Populasinya berjumlah 147 siswa dan sampelnya berjumlah 60 siswa Hasil penelitian menunujukkan bahawa status sosial ekonomi keluarga memiliki pengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMKN 3 pontianak ditunjukkan dengan formulasi Y= 0,4295+0,450X. Berdsarkan hasil perhitungan menggunakan program SPSS, t hitung sebesar 2.708. sedangkan t tabel dengan responden 60 orang sehingga derajat kebebasan df= 60-2-1=57, maka t tabel adalah 2.0025. dari hasil tersebut, dibandingkan antara t hitung dengan t tabel. Dihasilkan bahwa t hitung > t tabel (2.708 > 2.0025) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Koefesien determinasi pada penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh X terhadap Y sebesar 11,2 %.   Kata kunci : status sosial ekonomi keluarga, Minat melanjutkan pendidikan, perguruan tinggi.

Copyrights © 2014