Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 7 (2014): Juli 2014

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Sulastri, Sri (Unknown)
Tampubolon, Budiman (Unknown)
., Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 29 Sanggau Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau sebanyak 24 siswa terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan dan satu guru. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian penilaian guru mengajar  pada siklus 1 yaitu 3,06, dan meningkat pada siklus 2 yaitu  3,89. Sedangkan hasil belajar siswa/i pada siklus 1 yaitu 45,06%  terjadi peningkatan signifikan pada siklus 2 yaitu 93,45, maka terdapat interval peningkatan sebesar 48,39%. Kata kunci: peningkatan, hasil hasil belajar, IPS dan lingkungan sebagai sumber belajar     Abstract: This study aims to determine the improvement of student learning outcomes in the teaching of Social Sciences with the surrounding environment as a learning resource. This research method is descriptive qualitative method to study the form of a class action. Subjects in the fourth grade Elementary School District of Kapuas 29 Sanggau Sanggau many as 24 students consisting of 11 men and 15 women and one teacher. The procedure consisted of two cycles with the planning, implementation, observation and reflection. The results of assessment studies teachers teaching in cycle 1 is 3.06, and the increase in cycle 2 is 3.89. While the student learning outcomes / i in cycle 1 is 45.06% significant increase in cycle 2 is 93.45, then there is an interval increase of 48.39%. Keywords: improvement, learning outcomes, social science and the environment as a learning resource.

Copyrights © 2014