Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah
Vol 4 No 2 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah

Implementasi Sistem Informasi Manajemen Nikah Dalam Peningkatan Kualitas Layanan (Studi Deskriptif di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciwidey)

Sutisna Sutisna (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
A. Bachrun Rifa'i (Unknown)
Yuliani Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara faktual mengenai Implementasi Sistem Informasi Manajemen Nikah dalam peningkatan kualitas layanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciwidey yang dilihat dari segi kualitas sistem aplikasi SIMKAH, urgensi penerapan sistem dan kualitas informasi yang dihasilkan oleh aplikasi SIMKAH. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini diperoleh dengan cara observasi lapangan, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem dari aplikasi SIMKAH sangat baik, karena mudah digunakan dan lengkap sehingga dapat mendukung segala aktivitas pelayanan kepada masyarakat. Akan tetapi masih belum optimal karena server dan jaringan sering mengalami gangguan sehingga berpengaruh pada kecepatan aplikasi. Urgensi penerapan sistem merupakan upaya mendukung pelaksanaan program pemerintah dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat berbasis IT dan membantu petugas KUA dalam bidang pencatatan nikah dan rujuk. Kualitas informasi yang dihasilkan dari sistem tersebut sudah relevan dengan kebutuhan pengguna dan output nya lengkap dan dapat langsung dirasakan oleh pengguna sistem dan masyarakat sebagai penerima informasi.Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen Nikah; Kualitas LayananABSTRACT The purpose of this study was to find out factually about the Implementation of Marriage Management Information Systems in improving service quality at the Ciwidey District Religious Affairs Office in terms of the quality of the SIMKAH application system, the urgency of the system implementation and the quality of information produced by the SIMKAH application. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. This research was obtained by field observations, interviews, literature studies and documentation studies. The results of this study indicate that the quality of the SIMKAH application system is very good, because it is easy to use and complete so that it can support all service activities to the community. However, it is still not optimal because servers and networks often experience interference so that it affects the application speed. The urgency of implementing the system is an effort to support the implementation of government programs in maximizing services to the IT-based community and assisting KUA officers in the field of marriage and referral registration. The quality of information generated from the system is relevant to the needs of users and its output is complete and can be directly felt by users of the system and the public as recipients of information.Keywords : Marriage Management Information System; Quality of Service

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tadbir

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Manajemen ...