Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Vol 9, No 3 (2020)

Pengaruh Produk Wisata, Citra Destinasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Pantai Bandengan Jepara (Studi Pada Pengunjung Pantai Bandengan Jepara)

Ghaitsani, Sabrina (Unknown)
Prihatini, Apriatni Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Bandengan beach is one of the attractions located in Jepara Regency. Based on the data obtained the number of visitors to the Bandengan Beach is fluctuating and never reaches the target. This can predicted due to the declining quality of the facilities that cause visitors to perceptions about Bandengan to be negative. This study aims to identify the effect of Tourism Products, Destination Image and Word of Mouth on the decision to visit the Bandengan Beach of Jepara. This type of research is explanatory research, where data collection techniques used are questionnaire aids. The selected sample of 100 visitors with accidental sampling and purposive sampling. The respondents were visitors of the attraction of Bandengan Beach who had visited Bandengan Beach and learned information about Bandengan Beach from others. The results showed that the three variables, respectively, and simultaneously, influenced the decision to visit Bandengan Jepara Beach, and of the three variables studied, the tourism product variable was the variable that had the greatest influence on the decision to visit. Pantai Bandengan merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Kabupaten Jepara. Berdasarkan data yang didapatkan jumlah pengunjung Pantai Bandengan fluktuatif dan tidak pernah mencapai target. Diduga menurunnya kualitas fasilitas yang mengakibatkan persepsi pengunjung mengenai Pantai Bandengan menjadi negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produk Wisata, Citra Destinasi dan Word Of Mouth terhadap keputusan berkunjung pada Pantai Bandengan Jepara. Tipe penelitian ini adalah explanatary reasearch, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu alat bantu kuesioner. Sampel yang dipilih berjumlah 100 orang dengan accidental sampling dan purposive sampling. Responden tersebut adalah pengunjung objek wisata Pantai Bandengan yang sudah pernah berkunjung ke Pantai Bandengan dan mengetahui informasi Pantai Bandengan dari orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel, masing-masing maupun secara bersama berpengaruh terhadap keputusan berkunjung Pantai Bandengan Jepara, dan dari ketiga variabel yang diteliti variabel produk wisata merupakan variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan berkunjung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jiab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas ...