Ners Muda
Vol 1, No 1 (2020)

Peningkatan Efektifitas Pola Napas Pada Pasien Ketoasidosis Diabetik

Prema Rinawati (Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang)
Chanif Chanif (Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2020

Abstract

Ketoasidosis Diabetik (KAD) adalah keadaan darurat hiperglikemi yang mengancam jiwa pasien dengan diabetes melitus dimana hasil laboratorium menunjukkan pH, pCO2 dan HCO3 turun. Penulisan ini bertujuan untuk memahami asuhan keperawatan pada pasien dengan ketoasidosis diabetikum dengan pola napas tidak efektif di ICU Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang.  Metode menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan proses keperawatan, tahapan studi dari pengkajian hingga evaluasi dengan mengambil 2 pasien ketoasidosis diabetikum. Hasil dari intervensi terapi oksigen dan 45o posisi semi fowler yaitu belum efektif untuk pasien dengan masalah keperawatan pola napas tidak efektif. Hasil proses keperawatan kedua pasien selama di ICU menunjukkan masalah keperawatan pola nafas tidak efektif dan evaluasi menunjukkan masalah dapat teratasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nersmuda

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Ners Muda is intended to be the university journal for publishing articles reporting the results of research and case study in nursing. Ners Muda invites manuscripts in the areas of medical-surgical nursing, emergency and disaster nursing, critical nursing, pediatric nursing, maternity nursing, ...