JURNAL KIMIA SAINS DAN APLIKASI
Vol 20, No 1 (2017): Volume 20 Issue 1 Year 2017

Molecular Docking of Interaction between E-Cadherin Protein and Conformational Structure of Cyclic Peptide ADTC3 (Ac-CADTPC-NH2) Simulated on 20 ns

Atiatul Manna (Chemistry Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang)
Marlyn Dian Laksitorini (Faculty of Pharmacy, Gadjah Mada University)
Dwi Hudiyanti (Chemistry Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang)
Parsaoran Siahaan (Chemistry Department, Faculty of Sciences and Mathematics, Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Pengobatan penyakit yang menyerang otak sangat sulit dilakukan karena penghantaran molekul obat menuju otak terhalang oleh molekul-molekul blood-brain barrier (BBB). Untuk mengatasinya telah dikembangkan metode baru dengan memodulasi junction antar sel menggunakan peptida. Salah satu peptida yang diperkirakan mampu memodulasi adalah ADTC3, yang diturunkan dari susunan asam amino kadherin. Modulasi terjadi diduga karena interaksi antara ADTC3 dengan E-kadherin. Pada penelitian ini telah dihitung energi interaksi antara ADTC3 dengan E-kadherin. Metode yang digunakan adalah dinamika molekul (DM) dan molecular docking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peptida siklik ADTC3 (Ac-CADTPC-NH2) hasil simulasi 20 ns (20.000 ns) berinteraksi kuat dengan domain EC1 E-kadherin dengan energy binding sebesar -31,55 kJ.mol-1 dan tetapan inhibisi Ki sebesar 2,96 µM pada konformasi ke-4487. Interaksi yang kuat ini diperkirakan sebagai daya penggerak memodulasi junction antar sel. Interaksi antara ADTC3 dengan E-kadherin terjadi pada situs residu E-kadherin Asp1, Trp2, Val3, Ile4, Lys25, Met92 yang berada pada daerah adhesion arm-acceptor pocket.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ksa

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Engineering

Description

urnal Kimia Sains dan Aplikasi (p-ISSN: 1410-8917) and e-ISSN: 2597-9914) is published by Department of Chemistry, Diponegoro University. This journal is published four times per year and publishes research, review and short communication in field of ...