Jurnal Akademik Pendidikan Matematika
Volume 5, Nomor 2, November 2019

Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi

Rasmuin Rasmuin (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Fiana Fiana (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2020

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana belajar di sekolah terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode Causal komperatif.Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMPN 2 Wangi-Wangi yang berjumlah 20 orang siswa dan siswa SMPN 5 Wangi-Wangi yang berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket sarana dan prasarana di sekolah dan angket motivasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t yang homogen dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata motivasi belajar matematika SMPN 2 Wangi-Wangi sebesar 50,00dan rata-rata motivasi belajar siswa SMPN 5 Wangi-Wangi sebesar 39,85. (2)Analisis dengan uji-t diperoleh nilai t sebesar 8,672, signinifikan pada 0,000<0,05, sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan sarana dan prasarana belajar di sekolah terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik ...