JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora)
Vol 4, No 2 (2018): JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA

PERSEPSI DAN PREFERENSI WISATAWAN MUSLIM TERHADAP SARANA DAN PRASARANA WISATA HALAL DI LOMBOK (STUDI KASUS KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA)

Permadi, Lalu Adi (Unknown)
Darwini, Sri (Unknown)
Retnowati, Weni (Unknown)
Wahyulina, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi dan Preferensi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana dan prasarana wisata Halal Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Metode pembuktian terhadap tujuan penelitian tersebut menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Pengambilan data primer akan dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian akan menunjukkan informan mempersepsikan terhadap sarana pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Persepsi wisatawan Muslim terhadap sarana dan prasarana wisata Halal di kawasan ekonomi khusus Mandalika secara umum baik. Kondisi Hotel atau akomodasi lainnya dan Tempat Ibadah yang ada di lokasi Wisata halal KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah sangat baik dibanding dengan kondisi dari fasilitas pendukung lainnya. Namun terdapat kekurangan fasilitas seperti tempat sampah dan toilet umum. Berdasarkan Preferensi wisatawan Muslim terhadap sarana wisata Halal di kawasan ekonomi khusus Mandalika : Toilet, Tempat Sampah dan Tempat Ibadah menjadi sarana paling penting yang diinginkan oleh para wisatawan yang berkunjung ke KEK Mandalika, Ada beberapa fasilitas yang harus disesuaikan dengan kondisi wisatawan seperti musalla yang berjarak cukup jauh dengan lokasi wisata, harus ada tersedia musalla yang dekat dengan lokasi wisata. Fasilitas untuk wisatawan Muslim yang ada di KEK Mandalika masih perlu ditambah. Fasilitas yang perlu ditambah adalah tong sampah, toilet, tempat istirahat pengunjung dan musalla wisatawan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jseh

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora (JSEH) adalah jurnal akademik direview dengan sistem peer review yang terbit setiap enam bulan sekali, pertama kali terbit pada tahun 2015 di Lembaga Penelitian Universitas Mataram. Jurnal ini diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta memberikan ...