Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sertifikasi guru terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Penelitian dilakukan pada guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sudah bersertifikasi di kota Mataram, dimana keseluruhan responden dalam penelitian ini adalah guru guru yang telah lulus sertifikasi. Melalui sertifikasi yang telah didapatkan, diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran yang semakin baik sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang profesional. Sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Melalui program sertifikasi para guru diharapkan lebih termotivasi untuk meningkatkan profesionalismenya dalam bekerja serta meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran. Tipe penelitian ini adalah penelitian semi korelasional, denganpendekatankuntitatif, dan yang menjadi objek penelitian adalah Paud di kota Mataram yang memiliki guru bersertifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian menunjukkanbahwanilairxy yang diperolehdalampenelitianinilebihbsardari r table. Hasilperhitungan yang dilakukandapatditarikkesimpulanbahwahipotesisnihil yang diajukanditolakdanhipotesis alternative diterima. Sehinggadapatdiambilkesimpulanterdapathubungan yang signifikanantara sertifikasi guru dengan kualitas pengelolaan pembelajaran di Paud kota Mataram.
Copyrights © 2018