SELODANG MAYANG
Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2 No. 1, April 2016

STRATEGI PEMASARAN OBYEK WISATA DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Dharmasetiawan - (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Menurut pengertian pemasaran modern, obyek-obyek wisata baik berupa fenomena alam maupun aktifitas dan kreatifitas manusia di suatu daerah pada dasarnya merupakan produkyang memiliki nilai jual di pasar pariwisata. Tinggi atau rendahnya nilai jual suatu obyekwisata, atau bahkan berhasil atau tidaknya pemasaran suatu obyek wisata, sangattergantung pada akurasi penerapan strategi pemasarannya. Studi ini menganalisis secarakualitatif-praktis terhadap strategi pemasaran potensi-potensi obyek wisata yang ada diKabupaten Indragiri Hilir dan kelayakannya untuk dikelola dan dikembangkan sebagai produkinti dari suatu industri pariwisata, untuk kemudian dipromosikan dan dipasarkan di pasarpariwisata nasional pada khususnya. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatankonsep Marketing Orientation (Orientasi Pasar) dengan 3 (tiga) komponennya, yaituOrientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, dan Koordinasi Inter-fungsional. Kesimpulan darianalisis ini menyatakan bahwa beberapa obyek wisata di Kabupaten Indragiri Hilir dinilaimarketable dan memiliki value added untuk dipasarkan di pasar pariwisata nasional.

Copyrights © 2016