Kegiatan penelitian action research ini bertujuan untuk meningkatkan anak dalam menyimak melalui kegitan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK di Jayanegara Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan refleksi persiklus. Berdasarkan oleh data diperoleh data aktivitas menyimak anak dalam mengikuti kegiatan bercerita (respon anak yang terwujud dalam sikap menyimak dan menjawab pertanyaan) pada siklus I sebesar 56,25% meningkat menjadi 81,25% pada siklus. Selain itu diperoleh bahwa buku cerita sederhana, seting tempat duduk, cara guru bercerita dengan intonasi, mimik, dan gerak tubuh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari meningkatnya kemampuan anak dalam menyimak. Pemilihan buku cerita adalah salah satu faktor utama dalam hal menarik minat anak untuk menyimak. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana berdampak pada kemampuan anak menyimak.
Copyrights © 2019