Jurnal Menara Medika
Vol 1, No 1 (2018): Vol 1 No 1 September 2018

PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN INDIVIDU TERHADAP PERUBAHAN MATERNAL DEPRESSIVE SYMPTOMS PADA IBU POSTPARTUM

Irma Fidora (Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Fakultas Kesehatan dan MIPA UMSB)
Elsi Dwi Hapsari (Program Studi Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran UGM)
Ibrahim Rahmat (Program Studi Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran UGM)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

Latar Belakang: Periode postpartum merupakan proses adaptasi perubahan fisik dan psikologis. Ibu postpartum beresiko mengalami gangguan psikologis. Intervensi berupa latihan rutin dan pemberian pendidikan kesehatan merupakan usaha yang bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk menurunkan maternal depressive symptoms. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan individu terhadap perubahan skor maternal depressive symptoms pada ibu postpartum. Metode: Desain quasy experimental dengan pendekatan pre dan post test. Waktu penelitian pada November 2014 hingga Januari 2015. Populasi penelitian adalah seluruh ibu postpartum yang melahirkan di Puskesmas Tegalrejo, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan concecutive sampling dengan jumlah sampel 35 orang. Intervensi berupa pemberian pendidikan kesehatan. Intervensi dilakukan 3 kali dalam jangka waktu 3 minggu. Instrumen Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS) digunakan untuk mengukur maternal depressive symptoms pada pre dan post-test. Uji statistik yang digunakan adalah paired t test. Hasil: Skor maternal depressive symptoms sebelum intervensi yaitu 12,83 dan terjadi penurunan signifikan setelah intervensi (minggu ketiga), 7,69. Delta perubahan skor adalah 4,89 (p=0,002). Kesimpulan: Pendidikan kesehatan disertai buku panduan berpengaruh signifikan menurunkan maternal depressive symptoms pada ibu postpartum.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

menaramedika

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Menara Medika hanya menerima naskah asli yang belum pernah dipublikasikan baik di jurnal dalam maupun luar negeri. Naskah dapat berupa hasil penelitian, tinjauan pustaka, studi kasus dan konsep pemikiran inovatif yang menunjang kemajuan ilmu, pendidikan dan praktik kesehatan (keperawatan, ...