Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 14 No 01 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 18 JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016-2017

Ari Sumitro (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Dimas Adi Putra (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data-data empiris daninformasi tentang hubungan antarakepercayaan diri dengan prestasi belajarsiswa kelas X MAN 18 Jakarta TahunAjaran 2016/2017.Pendekatan dalam penelitian ini adalahpendekatan kuantitatif denganmenggunakan metode korelasi deskripsif.Validitasi nstrumen menggunakan korelasiproduct moment yang diaplikasikan padams. Excel, dengan hasil dari 60 butirangket try out diperoleh 30 butir yangvalid dan sisanya 30 data drop sedangkanreliabilitas instrumen dianalisis denganmenggunakan alpha cronbach danmenghasilkan skor 0,86233 yangmengartikan bahwa hasil ukur instrumenreal atau bisa diterima.Populasi penelitian adalah seluruh siswakelas X MAN 18 Jakarta Tahun Ajaran2016/2017 yang berjumlah 146 siswa.Penentuan jumlah sampel menggunakanrumusan besaran sampel Isaac & Michaeldan diperoleh sampel sebanyak 107 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakanteknik simple random sampling yaituteknik acak sederhana. Pengumpulan datapenelitian menggunakan kuesioner/angkettertutup untuk kedua variabel penelitian.Sebelum angket diberikan kepada sampelpenelitian dilakukan uji validitas danreliabilitas menggunakan uji productmoment dan alpha cronbach.Analisis data menggunakan rumus korelasiproduct moment dengan ms.Excel danperhitungan manual. Berdasarkan hasilanalisis menunjukkan rhitung = 0,9777 >rtabel dari taraf siginifikansi 0,05 yaitu0,676 artinya didapatkan bahwa rhitung >rtabel, berarti terdapat hubungan yangsignifikan antara variabel X denganvariabel Y.Dari hasil penelitian terlihat bahwa rhitung >rtabel sehingga hipotesis nihil (Ho) yangmenyatakan“Tidak terdapat hubunganantara kepercayaan diri dengan prestasibelajar siswa Kelas X MAN 18” ditolak.Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yangmenyatakan “Terdapat hubungan antarakepercayaan diri dengan prestasi belajarsiswa Kelas X MAN 18” diterimaKesimpulan penelitian ini terdapathubungan positif dan signifikankepercayaan diri dengan prestasi belajarsiswa kelas X MAN 18 Jakarta TahunAjaran 2016/2017

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult ...