Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok DenganMenggunakan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatan Kepercayaan diri Siswa KelasXSMK As sa’adah Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi. Program StudiBimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam AsSyafi’iyah.Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya siswa untuk memiliki kepercayaandiri semakin siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi tentu mereka akan mampumengembangkan potensi didalam diri mereka.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data-data empiris dan informasiefektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Assertive Traininguntuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas XSMK As sa’dah Jakarta Timur.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XSMK As sa’adahtahun ajaran 2016/2017 yang memiliki kepercayaan diri rendah.Subjek penelitian iniberjumlah 81 orang. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu 40 orang menjadi kelompokeksperimen dan 41 orang menjadi kelompok kontrol. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket kepercayaan diri. Validasi data menggunakanproduct moment yangdiaplikasikan pada ms. Excel. Analisis data menggunakan teknik t-test dengan ms.Excel danperhitungan manual.Berdasarkan hasil analisis menunjukkan thitung=5,24 ttabel=1,66 dengan taraf signifikan(α = 0,05)dk = n1 + n2 -2 = 40+ 41-2 = 79. Dari hasil penelitian terlihat bahwathitung>ttabelsehingga hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan “layanan bimbingankelompok dengan menggunakan teknikAssertive Training tidak efektif untuk meningkatkankepercayaan diri siswa kelas X SMK As sa’adah Jakarta Timur” diterima.Kesimpulan penelitian eksperimen ini layanan bimbingan kelompok denganmenggunakan teknikAssertive trainingefektif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswakelas XSMK As sa’adah Jakarta Timur.
Copyrights © 2017