Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 15 No 01 (2018): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK PUSAKA JAKARTA

Al-Halik Na (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Minarti Na (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data-data empiris daninformasi efektivitas bimbingankelompok dengan teknikrestrukturisasi kognitif untukmeningkatkan konsep diri siswakelas X SMK Pusaka 1 Jakarta.Penelitian ini merupakan penelitianquasi eksperimen dengan desainpretest-posttest control group design.Subjek penelitian adalah siswa kelasX Multimedia SMK Pusaka 1 Jakartatahun pelajaran 2016/2017 yangmemiliki tingkat konsep diri tinggimaupun rendah. Subjek penelitian iniberjumlah 78 orang. Subjek dibagimenjadi dua kelompok yaitu 40orang menjadi kelompok eksperimendan 38 orang menjadi kelompokkontrol.Teknik pengumpulan datamenggunakan angket konsep diri.Validitas data menggunakan productmoment. Analisis data menggunakanteknik t-test dengan ms.Excel danperhitungan manual. Berdasarkanhasil analisis menunjukan thitung =2,6911 ttabel=1,664 dengan tarafsignifikan ( = 0,05) dk= n1 + n2 – 2= 40 + 38 – 2 = 76.Dari hasil penelitian terlihatbahwa thitung ≥ t tabel sehinggahipotesis nihil (Ho) yang menyatakan“bimbingan kelompok dengan teknikrestrukturisasi kognitif untukmeningkatkan konsep diri kelas XSMK 1 Jakarta” ditolak. Sedagkanhipotsis alternative (Ha) yangmenyatakan “bimbingan kelompokdengan teknik restrukturisasi kognitifuntuk meningkatkan konsep dirikelas X SMK 1 Jakarta” diterima.Kesimpulan penelitian eksperimenini bimbingan kelompok denganteknik restrukturisasi kognitif dapatuntuk meningkatkan konsep dirisiswa kelas X SMK Pusaka 1 Jakartadapat diterima

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult ...