Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya siswa yang memilikidisiplin belajar yang tinggi, akan mampu melaksanakan tugas-tugas danmenyelesaikan masalah terutama belajar sehingga siswa mencapai prestasidibidang tertentu dan sukses dikemudian hari.Tujuanpenelitianini yaitu untukmendapatkan data-data empiris dan informasi efektifitas layananbimbingankelompokdengan teknik self management untuk meningkatkankedisiplinan belajar pada siswa kelas XI SMAN 1 Simpenan KabSukabumi.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desainpenelitian non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswakelas XI SMAN 1 Simpenan tahun ajaran 2016/2017 yang memiliki kedisiplinanbelajar rendah.Subjekpenelitianini berjumlah 76 orang. Subjek dibagi menjadi duakelompok yaitu 38 orang menjadi kelompok eksperimen dan 38 orang menjadikelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disiplinbelajar. Validasi data menggunakanproduct moment yang diaplikasikan pada ms.Excel. Analisis data menggunakan teknikt-test dengan ms.Exceldan perhitunganmanual.Berdasarkanhasilanalisismenunjukkan thitung=0,786 ttabel=1,66 dengan tarafsignifikan (α = 0,05) dk = n1 + n2 -2 = 38 + 38 – 2 = 74. Dari hasil penelitianterlihat bahwa thitung≤ ttabelsehingga hipotesis nihil (H0) yang menyatakan “layananbimbingan kelompok dengan teknik self management tidak efektif untukmeningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMAN 1 SimpenanKab.Sukabumi” ditolak.Kesimpulan penelitian eksperimen ini layanan bimbingan kelompokdengan teknik self management efektif terhadap peningkatan kedisiplinan belajarsiswa kelas XI SMAN 1 Simpenan Kab.Sukabumi
Copyrights © 2018