Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 16 No 01 (2019): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR

Fatimah Haiā€™atul Maknun A.J (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Amir Erwin (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Enci Zarkasih (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompokteknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar. Instrumen pengumpulandata menggunakan angket kedisiplinan belajar. Jumlah item uji coba berjumlah 70 itempernyataan dengan nilai rtabel 0,244. Terdapat 21 buah item yang tidak valid, dan yangvalid sebanyak 49 buah item Penelitian dilakukan di kelas X SMK Bhakti Persadadengan populasi 67 siswa dan sampel 16 siswa. Jenis penelitian menggunakan QuasiExperimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group. Teknikpengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan teknik analisis datayang digunakan yakni analisis uji beda (t-test). Hasil analisis uji beda (t-test)menunjukkan nilai thitung 10,528 > ttabel 2,365) dengan demikian konseling kelompokteknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar. Hasil temuan dilapangan menunjukkan tingkat disiplin belajar mengalami peningkatan setelahdiberikan konseling kelompok teknik self management.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult ...