DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2020): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar

Nahdi, Khirjan (Universitas Hamzanwadi)
Irfan, Muhammad (Universitas Hamzanwadi)
Ernawati, Titin (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2020

Abstract

Kajian ini memanfaatkan teori metafora dan ruang persepsi berdasarkan ekologi bahasa, dengan tujuan mengidentifikasi metafora siswa sekolah dasar sebagai gambaran persepsi pada ekologi. Data berbentuk metafora dalam puisi berdasarkan persepsi ekologi. Data dianalisis melalui distribusi kategori metafora dan ujud diksi pada ekologi bahasa. Hasil penelitian menunjukkan, metafora dominan pada ekologi manusia, dan terbatas pada   delapan ekologi lainnya. Kondisi ini menggambarkan interaksi dengan ekologi manusia lebih intens dibanding ekologi lainnya. Hasil kajian ini berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru pada materi pembelajaran, keluasan dan kedalaman materi pembelajaran pada dokumen strategi pembelajaran, dan diversifikasi tema pada pembelajaran tematikKata:Kunci:metafora; ruang persepsi; siswa sekolah dasar Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar

Copyrights © 2020