Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Ilmu Komunikasi

OPINI MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP PROGRAM ACARA REALITY SHOW “UYA EMANG KUYA” DI SCTV

MSi, Kusnarto (Progdi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
02 May 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana opini masyarakat Surabaya terhadap reality show “Uya emang Kuya” di SCTV. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi data dari hasil kuesioner kemudian diolah yang terdiri dari: mengedit, mengkode, dan memasukkan data tersebut dalam tabulasi data untuk selanjutnya dianalisis secara deskriptif setiap pertanyaan yang diajukan. Populasi  dalam penelitian ini adalah masyarakat berusia 18-30 tahun  yang pernah menonton acara reality show ”Uya emang Kuya” di SCTV dan bertempat tinggal di Surabaya . Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tehnik non probability yaitu tehnik quota sampling. Adapun kelompok yang dipilih dalam penelitian ini selain berdasarkan karakteristik-karakteristik diatas, ditentukan pula berdasarkan tempat tinggal responden atau pembagian wilayah di kota Surabaya. Dengan asumsi lingkungan sekitar atau tempat tinggal individu cukup besar pengaruhnya terhadap pandangan hidup seseorang (frame of refference). Kesimpulan yang dapat diambil bahwa sebagian besar masyarakat karena menganggap acara reality show “Uya emang Kuya” di SCTV mempunyai sisi baik dan buruk sehingga merasa biasa saja terhadap konsep hiburan yang disajikan. Meskipun hal itu berlawanan dengan kebudayaan dan norma di Indonesia, mereka tidak mempermasalahkannya. Maka penulis menyarankan agar masyarakat yang berperan sebagai pemirsa tayangan yang diberikan oleh media sebaiknya dapat berfikir kritis dalam menyeleksi jenis hiburan yang ada pada saat ini. Kata Kunci : Opini, Reality show, Uya emang Kuya.

Copyrights © 2010