Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 1, No 1 (2018): April

ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED PADA MATERI BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 02 SALATIGA

Bella Binta Briliantyas (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Kriswandani Kriswandani (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Novisita Ratu (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2018

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi bangun datar bagi siswa kelas VIII SMP Kristen 02 Salatiga. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Kristen 02 Salatiga yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Subjek berkemampuan matematika tinggi mencapai tingkat 4 (sangat kreatif) dimana indikator kelancaran, keluwesan dan kebaruan dipenuhi; 2) Subjek berkemampuan matematika sedang mencapai tingkat 3 (kreatif) dimana subjek dapat memenuhi 2 indikator yaitu kelancaran dan keluwesan; 3) Subjek berkampuan matematika rendah mencapai tingkat 2 (cukup kreatif) dimana subjek hanya memenuhi indikator keluwesan. Abstract:  The type of this research is qualitative research that aims to analyze the level of students creative thinking ability in solving open-ended problem in geometric shapes material for VIII students of SMP Kristen 02 Salatiga. The subject of this research is 3 students of class VIII SMP Kristen 02 Salatiga who have high, medium, and low math skills. The subject of this research is taken by using purposive sampling technique. Data collection techniques in the form of tests and interviews. Based on the results of the analysis can be concluded that: 1) subjects with high math achievement level 4 (very creative) where indicators of fluency, flexibility, and novelty are met; 2) Subjects capable of achieving mathematics level 3 (creative) in which the subject can meet 2 indicators of fluency and flexibility; 3) Subjects with low mathematics have reached level 2 (creative enough) where the subject only meets the flexibility indicator.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...