Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 1, No 1 (2018): April

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN BAGI SISWA KELAS VII SMP

Annida Dwi Listiana (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sutriyono Sutriyono (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2018

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan bagi siswa kelas VII SMP N 1 Salatiga. Metode pengambilan subjek yaitu berdasarkan purposive sampling yan terdiri dari ketiga subjek. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan di semua tahap yaitu, kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalaham transformasi, dan kesalahan keterampilan. Siswa bekemampuan sedang tidak melakukan kesalahan hanya pada tahap kesalahan membaca. Sedangkan, siswa berkemampuan tinggi hanya melakukan kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan.Abstract: This study aims to describe the analysis of student error in solving the story problem on the set material for students of class VII SMP N 1 Salatiga. The method of taking the subject is based on purposive sampling consisting of three subjects. Based on the results and discussion it can be concluded that the low-ability students make mistakes at all stages of reading errors, misconceptions, transformational errors, and skill mistakes. Student's ability not to make mistakes only at the stage of reading error. Meanwhile, high-ability students only make mistakes of transformation and skill mistakes.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...