Pendidikan Sosiologi
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi

Upaya Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lembah Gumanti Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Rahmi, Okna Yosi (Unknown)
Adiyalmon, Adiyalmon (Unknown)
Rahmad, Darmairal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2013

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perilaku peserta didik yang kurang menghargai guru, mengeluarkan kata-kata yang kurang sopan, dan apabila diberi arahan, peserta didik acuh tak acuh dan bersikap tidak menanggapi dengan positif atas arahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan bentuk keteladanan guru dalam pembinaan akhlak siswa, (2). Mendeskripsikan   faktor penyebab rendahnya akhlak siswa, (3).  Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan akhlak siswa di MAN Lembah Gumanti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan  kualitatif. Informan penelitian terdiri dari 1). Kepala MAN Lembah Gumanti 2). Wakil kepala Madrasah bagian kesiswaan, 3). Pembina Satgas  4). Guru Wali Kelas 5). Guru Akidah Akhlak 6). Siswa MAN Lembah Gumanti.  Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif menurut  Milles dan Heberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) bentuk keteladanan guru dalam pembinaan akhlak siswa dilihat dari guru sebagai teladan dan guru sebagai pendidik. (2) Faktor penyebab rendahnya akhlak siswa di MAN Lembah Gumanti  dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut: a). Kurangnya perhatian orang tua, b). Lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik. (3) Upaya guru dalam pembinaan akhlak siswa adalah a). mengadakan kegiatan keagamaan seperti mengadakan muhadaroh setiap hari jumat secara bergilir, b). Mengadakan bentuk kerjasama guru dengan orang tua.

Copyrights © 2013