Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 2 (2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA VISUAL SISWA KELAS II MI FATAHILLAH CILEDUG KOTA TANGERANG

Latifah, Nur (Unknown)
Sa'odah, Sa'odah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan rendahnya kemampuan membaca siswa yakni hampir 66% siswa tidak dapat membaca dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran membaca permulaan di kelas II MI Fatahillah Ciledug Kota Tangerang dan (2) kemampuan membaca siswa setelah diterapkannya media visual berupa kartu kata bergambar pada pembelajaran membaca permulaan di kelas II MI Fatahillah Ciledug Kota Tangerang. Media visual kartu kata bergambar merupakan suatu media pembelajaran yang telah dikembangkan . Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis & Mc.Taggard yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Fatahillah Ciledug Kota Tangerang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari pra siklus (62,74), siklus I (69,90), dan siklus II (74,74). Kata Kunci : Media Visual, Kemampuan Membaca Permulaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...