Jurnal Agro Indragiri
Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal Agro Indragiri

PENGARUH PEMBERIAN BOKASHI PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BEBERAPA VARIETAS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L)

Fivi Yedmi Susi Salhan, SP, MP ,dan Zinatal hayati, SP (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pemberian Bokashi pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan produksi beberapa varietas tanaman jagung (Zea Mays L), penelitian ini dilaksanakanan pada bulan februari sampai mei 2012, yang bertempat di sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor B adalah Bokashi pupuk kandang yang terdiri dari 4 taraf yaitu BO (tanpa pemberian bokashi pupuk kandang) B1 (5 ton/ha) dan B2 (10 ton/ha), serta B3 (15 ton/ha) sedanglan faktor v adalah varietas yang terdiri dari 3 taraf yaitu V1 (pioneer), V2 (N 35), dan V3 (NT 10). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, panjang daun ke tujuh, berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, berat tongkol pertanaman sampel, diameter tongkol, produksi per plot, dan berat 100 biji. Selanjutnya data yang diperoleh diolah secara statistik, apabila F hitung lebih besar dari F tabel dilanjutkan dengan uji lanjut tukey HSD pada taraf 5%. Hasil penelitian meenunjukan bahwa interaksi bokashi pupu kandang dan varietas berpengaruh nyata terhadap berat tongkol dan produksi per plot, akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap terhadap tinggi tanaman, panjang daun ke tujuh, 1000 biji. Untuk perlakuan bokashi pupuk kandang secara tunggal berpengaruh nayata terhadap diameter tongkol, akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang daun ketujuh, berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, berat tongkol, produksi per plot serta berat 1000 biji., akan tetapi tidak berbeda nyata dengan tinggi tanaman, panjang daun ke tujuh, berat brangkasan kering, dan diameter tongkol. Varietas terbaik adalah NT10 Kata kunci: Bokashi Pupuk Kandang Varietas, Pertumbuhan dan Produksi Jagung.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jai

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agro Indragiri (JAI) fokus menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang bermuatan mengenai ilmu budidaya pertanian, hama dan penyakit tanaman dan ilmu tanah. Sub tema JAI meliputi ilmu pemuliaan tanaman, rekayasa genetika tumbuhan, pengelolaan hama terpadu, kesuburan tanah, hidrologi pertanian, ...