FORUM PAEDAGOGIK
Vol 11, No 1 (2020): 10 Articles, Pages 1-148

PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Juraida Hasibuan Hasibuan (Unknown)
Ahmad Nizar Rangkuti (IAIN Padangsidimpuan)
Latifa Anum Dalimunthe (IAIN Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah kuantitatif melalui tes sebagai pengumpulan data dimana bentuk tes berupa pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang sudah valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII-8 di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen dari 61.5 menjadi 83.46. Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitungttabel yaitu 5.7 1.677 dengan taraf signifikan 0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

FORUM PAEDAGOGIK adalah jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan terbit berkala enam bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi wahana komunikasi ilmiah insan akademik dalam bidang ilmu-ilmu ...