Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer

AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN COBIT DAN VAL IT FRAMEWORK (STUDI KASUS : PT. PRIMASENTA RESOURCES INDONESIA)

Andika Bayu Hasta Yanto (AMIK Bina Sarana Informatika Tangerang)
Ahmad Fauzi (AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta)
Rifky Permana (AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta)
Ricki Sastra (AMIK Bina Sarana Informatika Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Sehubungan dengan tata kelola TI, perludigunakan suatu standar yang baik untuk melihatpengelolaan TI yang ada. COBIT (ControlObjectives for Information and RelatedTechnology) sebagai salah satu alat dalampengukuran tata kelola TI dapat digunakan untukmelihat tata kelola TI yang ada. Domain Plan andOrganise (PO) dan Aquire and Implement(AI) sangat tepat dilaksanakan pada saat ini,karena organisasi yang sedang membentukstruktur dan bentuk baru. Tingkat kematangan(maturity level) yang ada pada setiap proses TI yangterdapat dalam domain Plan and Organise (PO) danAquire and Implement (AI) pada PT. PrimasentaResources Indonesia rata -rata pada tingkat 1,753dan masih berada pada level 1 (initial/ad-hoc),walaupun ada 3 (tiga) proses TI yang sudahberada di level 2 (repeatable but intuitive). Untukdapat mencapai tingkat kematangan yangdidinginkan (expected maturity level) di level 3(defined process) maka semua prosedur yangdisyaratkan di tiap proses harus dipenuhi. Untukmencapai level 3 (defined process), mengacu padastandarisasi COBIT maka setiap organisasi harusmemiliki mekanisme dan prosedur yang jelasmengenai tata cara dan manajemen proses investasiteknologi informasi, dan mengkomunikasikan sertamensosialisasikan dengan baik di seluruh jajaranmanajemen organisasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung ...