Indonesian Journal of Instructional Media and Model
Vol 1, No 2 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Aktif Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Winadi Winadi (SMP Negeri 2 Tawangsari)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran aktif CRH pada siswa kelas VIII F semester I SMP Negeri 2 Tawangsari tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai November 2018 di SMP Negeri 2 Tawangsari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebanyak 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan   teknik   dokumentasi, observasi, dan  tes tertulis.  Alat pengumpulan data berupa lembar pengamatan, butir  soal tes, dan dokumen  daftar  nilai. Analisis data  menggunakan  analisis deskriptif  komparatif  yang dilanjutkan  refleksi. Setiap  siklus terdiri dari  empat langkah, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar Matematika siswa, nilai rata-rata prestasi belajar Matematika siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,8, pada siklus I sebesar 72,9 dan pada siklus II sebesar 80,9. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 48,8%, siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 90,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran aktif CRH dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII F semester I SMP Negeri 2 Tawangsari tahun pelajaran 2018/ 2019”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijimm

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Instructional Media and Model is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education ...