Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING NARRATIVE TEXT THROUGH COMBINING PICTURE WALK AND HERE HIDDEN IN MY HEAD (3H) STRATEGIES AT EIGHT GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Suharni, Suharni (Unknown)
Sevrika, Hevriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan reading melalui gabungan dua strategi yaitu Picture Walk dengan Here Hidden In My Head (3H). Dalam aplikasi dua strategi ini, penulis menggunakan strategi pertama yaitu Picture Walk sebagai strategi awal pembelajaran. Strategi ini diawali dengan guru menyiapkan beberapa gambar dan memperlihatkan gambar tersebut pada siswa. Berikutnya, guru meminta siswa untuk memperhatikan beberapa gambar yang diperlihatkan oleh guru. Kemudian guru meminta masing-masing siswa untuk memprediksi teks yang akan di baca berdasarkan gambar tersebut. Selanjutnya penulis menggunakan strategi yang kedua yaitu Here Hidden In My Head (3H) yang digunakan pada pertengahan pembelajaran dimana setelah siswa memprediksi teks berdasarkan gambar, dan guru meminta siswa untuk membaca teks tersebut. Disinilah guru dapat menilai keaktifitas siswa dalam membaca berdasarkan teks yang diberikan guru. Terakhir guru menjelaskan informasi-informasi apa saja yang terdapat di dalam teks tersebut dan meminta siswa untuk meprediksi kembali informasi yang terdapat di dalam teks tersebut dengan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.Melalui penulisan makalah ini, penulis berharap dengan membaca makalah ini, penulis bisa memperkenalkan cara menggabungkan dua strategi dalam pengajaran Reading. Bagi siswa diharapkan akan lebih termotivasi dan kreatif untuk mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.                                  

Copyrights © 2013