Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 3 No 1 (2019): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB KHADIJAH KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI

Thoiffatuz Zakia (Pendidikan Luar Sekolah)
Niswatul Imsiyah (Universitas Jember)
Linda Fajarwati (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Aktivitas pembelajaran berbasis alam merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran,aktivitas pembelajaran berbasis alam sangat sesuai untuk mengembangan kognitif anak karena anak dapat mengetahui atau mengeksplor pengetahuan mereka dengan melihat secara langsung benda atau makhluk hidup. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan lembar observasi berupa check list dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) seri 24.0. Hasil perhitngan diperoleh sebesar 0,895 dengan presentase 80,10% dengan kategori tinggi, dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis alam dengan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.Saran dari penelitian ini yaitu bagi kepala KB Khadijah agar memberikan kesempatan kepada pendidik untuk melaksanakan dan mengembangkan pembelajaranseperti media, sarana dan prasarana, agar lebih inovatif dan kreatif. Bagi pendidik agar lebih inisiatif dan kreatif dalam memilih media pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya yaitu disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai pengembangan pembelajaran, kurikulum, media pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...