Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
Vol 7, No 1 (2018)

ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PAUD DALAM MEMBELAJARKAN SAINS UNTUK ANAK DINI MENGGUNAKAN PERCOBAAN SAINS DI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG

Suryameng Suryameng (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan mahasiswa PAUDmembelajarkan Sains untuk Anak Dini menggunakan Percobaan Sains di STKIP PersadaKhatulistiwa Sintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi PG-PAUD STKIP PersadaKhatulistiwa Sintang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Alat yang diguanakan dalam pengumpulan data di lapanganadalan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan Hasilpenelitian yaitu hasil observasi, dan wawancara diperoleh suatu gambaran bahwa kesulitanmahasiswa PAUD dalam membelajarkan Sains untuk Anak Dini menggunakan Percobaan Sainsmerupakan hal yang utama. Pada tahap pelaksanaan terdapat 65% mahasiswa kurangmemahami makna sains bagi anak usia dini, penguasaan materi pelajaran dalammembelajarkan sains serta keterampilan sains menunjukkan beberapa mahasiswa kurangmemahami cara-cara membelajarkan sains pada anak usia dini; faktor penghambat dalammembelajarkan Sains untuk Anak Dini menggunakan Percobaan Sains 50% mahasiswa kesulitanmengajarkan sains karena keterbatasan waktu dalam melakukan kegiatan sains; danKemampuan guru tersebut sebagai salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan yangsering muncul tentang kompetensi yang harusnya dimiliki siswa khususnya anak usia dini tidaktercapai. Upaya mengatasi kesulitan kontrol waktu mahasiswa melakukan kegiatan sains secarademontrasi, sehingga lebih mudah dalam mengawasi siswa melakukan kegiatan sains.The study aimed to know and to describe the analysis of the difficulties of PAUD students to teachScience for Early Childhood using Science Experiments at STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.The qualitative method was used in this study. The study subject were students of PG-PAUDDepartment STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. The tehnique of the study used observation,interview, dan the documentation tehnique. Data collection used the tool of the observationguidance, interview guidance, dan the documentation guidance. Based on the result of the studythat was the the result of the observation, and the interview obtained a description that thedifficulties of PAUD students to teach Science for Early Childhood using Science Experimentswas a primary things. On the implementation there are 65% of students lack understanding of themeaning of science for early childhood, mastery of learning materials in learning science, as wellscience skills show some students do not understand how to teach science in early childhood,the inhibiting factors in learning Science for Early Childhood using Science Experiments 50% ofstudents have difficulty teaching science because of time constraints in doing science activities,and the ability of the teacher as one of the effort in overcoming the problems that often arise aboutthe competence that should have students, especially early childhood is not achieved. Efforts toovercome the difficulties of control as well as teacher’s time to conduct science activities indemonstration, so that teachers easier in supervising students doing science activities.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The Educhild Journal accepts articles about the following studies: 1. Social science education 2. Mathematics education in 3. Language education 4. Science education 5. Arts and culture education 6. Citizenship education 7. Religious education 8. Sports education 9. Learning and teaching 10. ...