Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
Vol 7, No 1 (2018)

MEMAHAMI NILAI MORAL DAN SOSIAL DALAM KESENIAN BARONGAN SEBAGAI PERTUNJUKAN YANG LAYAK DITONTON ANAK USIA DINI

Nurul Agustin (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Muhammad Lukman Haris Firmansah (Universitas PGRI Ronggolawe)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

Kesenian daerah merupakan warisan dari leluhur. Beraneka ragam kesenian daerah yangberkembang di Indonesia. Di Kecamatan Blora Kabupaten Blora berkembang kesenian daerahyang bernama barongan. Kesenian barongan ditonton oleh semua kalangan mulai dari anakusia dini, remaja, hingga dewasa. Bagaimanapun juga, pertunjukkan hendaknya membatasiusia penonton. Penelitian ini dilakukan untuk memahami ada atau tidaknya nilai moral dansosial dalam keseningan barongan sebagai petunjukkan yang ditonton anak usia dini. Nilaimoral dan sosial merupakan nilai yang digunakan dalam berperilaku sehari-hari meliputikejujuran, kepatuhan, meniru, kerjasama dan berbagi. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan metode mendeskripsikansuatu kejadian secara nyata. Adapun hasil dari penelitian ni yakni : 1) nilai kejujuran memilikikriteria baik dan didukung data wawancara menjelaskan bahwa ada nilai kejujuran, 2) nilaikepatuhan dengan kriteria baik dan data wawancara menjelaskan ada, 3) Nilai peran yang dapatditiru memiliki kriteria kurang dan data wawancara menjelaskan ada,4) Nilai kerjasama memiikinilai kriteria baik dan data wawancara menjelaskan ada, dan 5) Nilai berbagi memiliki kriteriakurang dan data wawancara menjelaskan adaRegional art is the legacy of the ancestors. A wide range of local arts are developed in Indonesia.In Blora district, Blora regency develops arts area named barongan. Art barongan watched by allwalks ranging from early childhood, adolescence, to adulthood. However, the show should limitthe age of the audience. This study was conducted to understand the presence or absence ofmoral and social values in the barongan’s silence as a show that is watched early childhood.Moral and social values are the values used in everyday behavior including honesty, compliance,imitation, cooperation and sharing. The research method used in this research is descriptivequalitative research which is a method of describing a real event. The results of this research are:1) the value of honesty has good criteria and supported by interview data explains that there ishonesty value, 2) compliance value with good criteria and interview data explain exist, 3) Thevalue of the role that can be copied has less criteria and interview data explain there, 4) The valueof the cooperation has a good criterion value and the interview data explains there is, and 5) Theshare value has less criteria and the interview data explains there

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPSBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The Educhild Journal accepts articles about the following studies: 1. Social science education 2. Mathematics education in 3. Language education 4. Science education 5. Arts and culture education 6. Citizenship education 7. Religious education 8. Sports education 9. Learning and teaching 10. ...