LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI)


Pengaruh Fasilitas Belajar dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi pada Siswa Kelas XI Prodi Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018.

Aprilia Rahmayanti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar komputer akuntansi melalui motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah sebanyak 153 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung sebesar 29.60% dan tidak langsung sebesar 13.20% fasilitas belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi melalui motivasi belajarĀ  sehingga total pengaruh adalah sebesar 42.80% . Terdapat pengaruh langsung sebesar 22.10% dan tidak langsung sebesar 20.60% keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar komputer akuntansi melalui motivasi belajar sehingga total pengaruh adalah sebesar 42.70%. Saran yang dapat diberikan bagi siswa adalah siswa diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran komputer akuntansi, serta siswa diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas belajar yang disediakan pihak sekolah selama proses pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

LIAB

Publisher

Subject

Education

Description

Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis yang memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan akuntansi. jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi ...