Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)
Vol 8 No 3 (2020)

Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya

Khoirurroziqin, Fathur Rahman (Unknown)
Rafsanjani, Mohamad Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari Riset ini untuk mengetahui bagaimana sosial ekonomi orang tua Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dan apakah ada pengaruh sosial ekonomi orang tua pada indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di departemen pendidikan ekonomi tepatnya untuk siswa dari S1 kelas 1 dan kelas B. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret hingga April 2020. Dengan menerapkan acak sederhana pada teknik probability sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan daftar pertanyaan sebagai media penelitian untuk menjelaskan status sosial ekonomi keluarga dan untuk mendapatkan indeks prestasi siswa dengan mendokumentasikan. Dengan total 82 siswa diambil sampel dari 68 siswa yang terlibat. Menerapkan metode regresi Linear sederhana yang diterapkan dalam pemrosesan data. Hal ini dibuktikan dengan uji-t <t tabel maka untuk variabel X (status sosial ekonomi orang tua) <t tabel. Dan uji F dihitung <nilai F tabel. Data menunjukkan Rsquare 2,2%, ini berarti pengaruh kondisi status sosial ekonomi terhadap indeks prestasi siswa sangat rendah dan 97,8% yang mempengaruhi indeks prestasi siswa dapat dijelaskan dengan variabel di luar penelitian ini. dapat disimpulkan bahwa temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua tidak mempengaruhi indeks prestasi belajar siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jupe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), published thrice a year (January, Mei, and September), is a peer-reviewed journal that is managed by the Department of Economic Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Surabaya. JUPE aims to help researchers publish their work for a wider audience. We ...