Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING BY COMBINING LITERATURE CIRCLE AND QUESTION ANSWER RELATIONSHIP STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Sanjaya, Remon (Unknown)
Suharni, Suharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK  Makalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca pada Sekolah Menengah Atas. Untuk proses belajar mengajar Bahasa Inggris, diperlukan adanya beberapa strategi pembelajaran yang tepat dan efektif, yang bias membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka didalam belajar Bahasa Inggris. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran readingmelalui penggabungan strategi Literature Circle dan strategiQueation Answer Relationship. Literature Circle adalah sebagai salah satu strategi dalam pengajaran membaca dikelas,  yang  dapat  membimbing  siswa  dalam  pemahaman  membaca  secara  mendalam melalui diskusi sebuah teks atau buku dan mempersilakan siswa untuk latihan dan mengembangkan kemampuannya untuk menjadi pembaca yang baik.Kemudian, Question Answer Relationshipa dalah sebuah strategi membaca dimana setelah itu siswa mampu membuat  pertanyaan  mereka  sendiri,  serta  mampu  mengelompokan  pertanyaan  tersebut sesuai dengan kategorinya dan juga menjawab pertanyaan secara jelas. Penulis berharap makalah ini dapat berguna bagi para pembaca  dan khususnya pada guru Bahasa  Inggris sebagai strategi alternatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran membaca.   

Copyrights © 2013