Latar belakang penelitian ini, penulis sangat tertarik dengan proses komunikasi pembangunan yang terjadi di Yayasan Kaganangan Banua. Proses komunikasi yang dilakukan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam pemberdayaan masyarakat tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apa program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan YKB. Bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dari aspek komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh YKB. Bagaimana hasil dan evaluasi dari implementasi program YKB dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dengan observasi lapangan dan wawancara. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sehingga informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian: program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan YKB. Strategi pemberdayaan masyarakat, dari aspek komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh YKB. Hasil dan evaluasi dari implementasi program YKB dimasyarakat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan sarana air minum berbasis masyarakat di Desa Sindang Jaya Kecamatan Cintapuri, Kabupaten Banjar. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi Pembangunan, Sarana Air Minum
Copyrights © 2019