Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING ON NARRATIVE TEXT BY COMBINING DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) AND NOTE TAKING STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Muriani, Muriani (Unknown)
Susanti, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam menyelesaikan salah satu permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Selain itu makalah ini dimaksudkan untuk menjelaskan pengaplikasian strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) and Note Taking dalam pemahaman sebuah teks naratif agar siswa tertarik untuk membaca teks Bahasa Inggris.Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran membaca dengan menggabungan dua strategi yaitu strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan Note Taking. Penggunaan penggabungan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan Note Taking dalam pengajaran bahasa Inggris dibagi menjadi beberapa tahapan: Pertama, guru menyiapkan sebuah teks dan membagikannya kepada siswa. Kedua, sebelum siswa membaca teks tersebut siswa disuruh memprediksi apa isi dari teks tersebut berdasarkan judul dan gambar text. Ketiga, setelah siswa membaca text siswa  di minta untuk mendiskusikan isi dari teks tersebut dan membuat catatan atau kesimpulan dari apa yang mereka baca. Berdasarkan hasil diskusi serta penerapannya, Penggabungan strategi Directed Reading Thingking Activity dan Note Taking ini dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, khususnya membaca serta dapat membuat mereka berpikir lebih aktif dan kritis dalam memahami text.

Copyrights © 2013