Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, berbagai macam hambatan yang dihadapi dan solusi yang diberikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model alir melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa dapat dilakukan dengan cara membiasakan siswa untuk membayar pajak, memiliki sikap toleransi dan tidak membeda-bedakan antar umat beragama. Hambatan yang dialami yaitu berasal dari siswa yang kurang paham pada nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika, selain itu hambatan juga berasal dari kurangnya kesadaran guru, staff/karyawan dalam menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa di SMP Negeri 1 Surakarta. Solusi yang diberikan pihak sekolah selalu berupaya menambah pemahaman mengenai nialai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa agar pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, dan proses implementasi nilai- nilai Bhineka Tunggal Ika dapat tercapai, solusi selanjutnya yaitu membiasakan siswa melakukan indikator-indokator nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika. Pihak sekolah dan guru berkoordinasi dengan staff/karyawan agar menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika pada siswa agar mereka terbiasa dengan pemahaman nilai-nilai tersebut, sehingga proses implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika kepada siswa dapat tercapai secara maksimal.
Copyrights © 2019